Evaluasi SAKIP dan pendampingan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP)

Palembang,  Selasa, 12 Oktober 2021, Tim Itjen Kementrian  Agama  melakukan Evaluasi SAKIP dan Pendampiangan SPIP di UIN Raden Fatah Palembang. selaku penanggungjawab Evaluasi SAKIP dan Pendampiangan SPIP yaitu Maman Saepulloh, selaku Pengendali Teknis, Erma Agustini dan sebagai Ketua Tim, Taufan Brata Rachman, sosialisasi tersebut bertempat diruang Rapat Biro AUPK Lantai II Kampus  B UIN Raden Fatah Palembang. Rapat Tesebut dihadiri oleh Kepala Biro AUPK, Dr.Hj. Abd Rasyid. M.Ag, Kepala SPI, Deky Anwar, SE, M.Si, Ph.D  dan para Auditor SPIP.

“ Erna Agustin menyampaikan bahwa bagaimana tata cara seorang Auditor bisa mengisis SPIP yang benar berdasarkan data dan dokement,ujar beliau.

“Ketu Tim Itjen memberikan tata cara kerja pengisian, alur system pengujian, dan bagaimana alur penilaian SPIP New yang berbasis dalam bentuk Aplikasi, dalam bentuk Perencanaan, sasaran dan capaian, capaian yang berintegrasi dan di wujudkan dalam bentuk efektivitas dan efesian  ujar Taufan Brata Rachman”

“ Kepala Biro AUPK, Dr.Hj. Abd Rasyid. M.Ag, bagaimana supaya Universitas kita bisa sampai di level 3 TERDEFINISI (mampu Mendefenisikan Kinerja yang telah relevan dan terintegrasi, serta pengendalian telah dilaksanakan namum belum efektif),

“ Tim Auditor Uin Raden Fatah Palembang, harus mampu memenuhi Karakteristik Maturitas yaitu menyusun perencanaan kinerja, mampu mendefenisikan kinerja, strategi pencapaian relevan dan terintergrasi, disain dan kebijakan pengendalian serta struktur dan proses pengendalian telah dilaksanakan, ujarnya Kepala SPI, Deky Anwar, SE, M.Si, Ph.D.

Penilaian mandiri penyelenggaraan SPIP lingkup Uin Raden Fatah Palembang, diharapkan selesai pada akhir tahun 2021 dan dilakukan penjaminan kualitas oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Agama pada awal Oktober 2021 untuk selanjutnya disampaikan ke BPKP pada akhir bulan Oktober 2021. Semoga dengan komitmen bersama seluruh jajaran Uin Raden Fatah Palembang, bahwa Target Maturitas SPIP Uin Raden Fatah Palembang Pada Tahun  2020 – 2024 Adalah Level 3 di Tahun 2023 dapat tercapai.

Jhoni(SPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.